Survei Lokasi Lembah Bukit Hijau – Mancak – Serang – Banten (bagian-1)

Ini adalah tulisan bagian pertama tentang survei lokasi kegiatan Biblecamp Sekolah Minggu HKBP Distrik XXI Banten. Tulisan lainnya dapat dilihat di Survei lokasi kegiatan biblecamp (bagian-2)

Hari Minggu tanggal 9 Juni 2013, kami, beberapa panitia kegiatan Biblecamp Sekolah Minggu Distrik XXI Banten, mengadakan survei ulang lokasi. Hal ini dilakukan untuk mengkonfirmasi ulang beberapa informasi yang kurang jelas dan membagi informasi tersebut dengan panitia yang berasal dari gereja-gereja yang berbeda. Dengan demikian tiap gereja dapat langsung memperoleh informasi yang akurat dari GSMnya.

Lokasi yang akan digunakan untuk kegiatan Biblecamp Sekolah Minggu Distrik XXI Banten adalah Lembah Bukit Hijau (LBH). Lokasi ini menyewakan sarana-sarana yang dapat digunakan untuk keperluan pelatihan atau outbound. Beberapa sarana diantaranya adalah aula, pendopo, taman bermain, lapangan bola mini, penginapan, kamar mandi/toilet dan tempat parkir.

Sebelumnya, BPH Sekolah Minggu Distrik tidak mengetahui tentang LBH. Informasi LBH didapat saat BPH mempresentasikan kegiatan ini dalam rapat MPSD tanggal 23 Juli 2013 di HKBP Tangerang Kota. Nama LBH diusulkan oleh pendeta dari HKBP Serang. BPH awalnya merencanakan kegiatan ini di pantai Anyer dan sedang mencari-cari lokasi yang tepat. Ada 2 hal yang kami pertimbangkan saat itu, yaitu keamanan dan harga.

  1. Yang pertama, ada kekhawatiran jika seandainya lokasi kegiatan di pinggir laut maka akan berisiko tinggi. Namanya anak-anak pasti pengennya bermain-main ke laut. Bagaimana caranya agar dapat mengawasi anak-anak berjumlah ratusan dan meminimalkan risiko yang tidak perlu. Jadi faktor keamanan lokasi diperlukan agar kegiatan biblecamp tidak hanya berlangsung menyenangkan tetapi juga aman.
  2.  

  3. Yang kedua, peserta berjumlah besar memerlukan tempat yang luas dengan fasilitas cukup. Artinya dapat menampung beberapa ratus orang dengan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan selama beberapa hari/malam. Hal ini terkait langsung dengan harga sewa tempat tersebut. Dari beberapa pencarian awal yang dilakukan, ada tempat yang luas dengan fasilitas cukup tetapi harga sewanya mahal. Sebaliknya ada tempat yang harga sewanya pas tetapi luasnya kurang. Jadi diperlukan keseimbangan antara luas tempat dengan harga sewa yang bisa kita bayar.

Lembah Bukit Hijau (LBH) sendiri terletak di kecamatan Mancak kabupaten Serang provinsi Banten. Menurut informasi online, kecamatan Mancak berjarak 30 Km dari ibukota kabupaten Serang dengan ketinggian 250 m di atas permukaan laut. Pada waktu survei, jarak dari Serang ke LBH dapat kami tempuh dengan mobil selama 1,5 jam. Jika ditambah waktu perjalanan dari Karawaci maka total waktu perjalanan dari Karawaci ke LBH adalah sekitar 2 jam.
jalur_perjalanan

Sebenarnya ada 2 alternatif rute yang dapat ditempuh menuju LBH. Dari arah Serang atau Cilegon. Namun menurut teman survei kami dari HKBP Serang, sebaiknya menggunakan rute lewat Serang karena sepi. Rute lewat Cilegon sering macet karena lebih ramai digunakan.

Kondisi jalan dari Serang menuju LBH secara umum cukup baik dan sudah beraspal. Walaupun di beberapa titik memang berlubang tetapi secara umum tidak terlalu membahayakan. Jalur perjalanan naik-turun dan agak berkelak-kelok tetapi tidak tajam. Kecuali di pertigaan yang memisahkan jalur menuju Mancak dan Cilegon dimana harus berbelok cukup tajam untuk menuju Mancak.
Kondisi_jalan_SerangtoLBH_01

Kondisi sepanjang kiri-kanan jalur perjalanan Serang – LBH cukup bervariasi. Ada perumahan, sawah dan hutan-hutan kecil. Oleh karena itu perlu diperhatikan saran dari kakak-kakak GSM HKBP Serang agar rombongan peserta kegiatan ini tiba di lokasi LBH sebelum magrib. Untuk menghindari kondisi jalanan yang gelap saat melewati sawah dan hutan.
Kondisi_jalan_SerangtoLBH_02

Lebar jalan cukup untuk dilintasi 2 mobil penumpang berukuran normal. Untuk kendaraan berbadan lebar, seperti truk dan bis, harus menurunkan kecepatan dan berhati-hati saat berpapasan dengan kendaraan lain dari arah depan.
Kondisi_jalan_SerangtoLBH_03

LBH terletak tepat di pinggir jalan. Dibagian depannya terdapat kolam buatan yang cukup luas. Namun sayangnya, kolam dengan kedalaman sekitar 1 meter itu tidak bisa digunakan untuk berenang.
view_depan_LBH

Akses untuk keluar masuk lokasi LBH harus melalui 1 pintu gerbang utama. Kondisi ini akan memudahkan proses pengamanan kegiatan. Walaupun lokasi ini rencananya akan digunakan penuh oleh Sekolah Minggu HKBP Distrik XXI Banten selama tanggal 5 – 7 Juli 2013, tetap perlu ada tindakan-tindakan pengamanan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama kegiatan berlangsung.
pintu_gerbang_02

Bersambung ke Survei lokasi kegiatan Biblecamp (bagian-2)

Lihat Juga

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 1 =