Permainan Sekolah Minggu – Urutan Hari Dalam Seminggu

Permainan sekolah minggu ini bertujuan untuk memperkenalkan bagian-bagian dari waktu, yaitu nama-nama hari dan urutan-urutannya, kepada anak-anak sekolah minggu. Anak-anak juga diajak untuk saling mengenal dan akrab dengan sesama temannya. Lama permainan lebih kurang 15 menit.

Persiapan

Yang harus dipersiapkan sebelum memulai permainan adalah:

  • Guru Sekolah Minggu sebagai fasilitator mengajarkan lagu Hari Ini Harinya Tuhan kepada anak-anak.
  • Guru membagi Anak-anak sekolah minggu menjadi 7 kelompok yang terdiri dari 2 anak atau lebih. Tiap kelompok kemudian diberi nama sesuai nama hari dalam seminggu. Guru kemudian mengasosiasikan dan mengumumkan kepada anak-anak nama hari sesuai urutan hari penciptaan. Jadi hari Senin diasosiasikan dengan hari pertama, hari Selasa dengan hari kedua dan seterusnya hingga hari Minggu dengan hari ketujuh.
  • Masing-masing kelompok harus duduk di tempat berbeda tapi berurutan. Mulai dari urutan pertama (hari Senin), hari kedua (hari Selasa) hingga hari ketujuh (hari Minggu). Tempat urutan pertama akan menjadi patokan dalam permainan. Pastikan tidak ada kelompok yang berbaur jadi satu. Ajak juga anak-anak saling berkenalan dengan sesama anggota kelompoknya supaya mereka akrab satu sama lain.

Teknis Permainan

  • Permainan dimulai dengan menyanyikan lagu Hari Ini Harinya Tuhan yang sudah diajarkan sebelumnya. Guru mengajak anak-anak untuk bernyanyi dengan semangat tapi tetap siap mendengarkan aba-aba dari guru.
  • Di akhir lagu guru menyebutkan sebuah nama hari. Kelompok dengan nama hari itu harus berpindah ke tempat urutan pertama yang jadi patokan dan kelompok lain berpindah sesuai kelompok di urutan pertama. Contoh: jika guru menyebutkan Senin, maka urutannya adalah Senin-Selasa-Rabu-Kamis-Jumat-Sabtu-Minggu. Jika guru menyebutkan Rabu, maka urutannya Rabu-Kamis-Jumat-Sabtu-Minggu-Senin-Selasa.
  • Boleh juga divariasikan dengan menyebutkan angka kelompoknya. Misalnya jika guru menyebutkan angka 5, maka urutannya adalah 5-6-7-1-2-3-4.

Kriteria Penilaian

Tidak ada yang menang dan kalah dalam permainan ini. Tapi guru harus mengajak anak-anak untuk sama-sama memeriksa urutan hari yang terbentuk supaya mereka mengerti bagaimana urutannya. Guru juga mengajak anak-anak memeriksa anggota kelompok masing-masing supaya mereka pun mengenal satu sama lain.

Penutup

Permainan ini saya ambil dari buku “Mengajar Sekolah Minggu Yang Kreatif” karangan bapak Paulus Lie. Mulanya agak ragu apakah anak-anak akan tertarik. Tapi ternyata sebaliknya, anak-anak sekolah minggu sangat antusias! Hingga pada akhir sekolah minggu seorang anak mendekati saya dan berkata “bang, minggu depan kita main gamesnya lagi ya”.

Lihat Juga

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − four =