Survey Lokasi Curug Cilember – Bogor

Musim liburan sekolah sudah semakin dekat. Waktunya untuk kembali menyurvei lokasi-lokasi yang bisa menjadi tempat kegiatan retreat atau kebaktian padang sekolah minggu. Kali ini ada 3 tempat yang kami survei dan ini adalah catatan tentang tempat pertama dalam survei tersebut. Tempat lainnya adalah Taman Wisata Matahari, The Jungle dan Marcopolo Water Adventure Park.

Curug Cilember adalah salah satu lokasi wisata di Bogor yang terkenal dengan air terjunnya. Di lokasi ini terdapat 6 buah air terjun, yang diberi nama Curug 2, Curug 3 hingga Curug 7. Kata Curug berasal dari bahasa Sunda yang berarti air terjun. Selain air terjun, di lokasi ini juga terdapat tempat perkemahan dan taman kupu-kupu. Taman kupu-kupu ini menjadi salah satu tempat budi daya dan penangkaran beberapa spesies kupu-kupu asli Indonesia.

Untuk menuju lokasi Curug Cilember sebaiknya memakai kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan umum yang langsung menuju ke sana. Kalau dari Bogor bisa langsung menuju ke arah Puncak. Kalau dari Jakarta, bisa lewat tol Jagorawi dan keluar di pintu tol Ciawi. Setelah sampai perempatan lampu merah pasar Ciawi, belok kiri untuk menuju Puncak. Jalan masuk menuju lokasi ini terletak di sebelah kiri jalan jalur Ciawi-Puncak.

Penunjuk Arah Menuju Curug Cilember

Penunjuk Arah Menuju Curug Cilember

Dari jalan utama menuju lokasi Curug Cilember harus melewati jalan kecil yang cukup sulit. Lebar jalan pas untuk 2 mobil tetapi jalurnya penuh tikungan tajam dan naik-turun. Siap-siap untuk memakai gigi satu dan memainkan persneling saat tanjakan, terutama jika kendaraan di depan kita tiba-tiba berhenti atau ada kendaraan dari arah berlawanan yang mengambil jalan terlalu lebar.

Di pintu gerbang Curug Cilember, ada pos untuk membeli tiket masuk yang besarnya Rp 13.000,- / orang. Di pos ini kita juga bisa meminta brosur yang di dalamnya ada peta situasi tempat wisata ini. Dari pintu gerbang, kita bisa menelusuri jalan setapak untuk menuju obyek-obyek wisata di tempat ini. Awas! Jalan setapaknya akan terus menanjak. Jadi siapkan fisik dan berjalanlah dengan santai. Nikmati pemandangan hijau sekitarnya sekaligus berolahraga.

Peta Situasi Curug Cilember

Peta Situasi Curug Cilember


Jalan Setapak Di Curug Cilember

Jalan Setapak Di Curug Cilember

Lokasi perkemahan di Curug Cilember juga cukup ramai, terutama saat libur. Waktu kami ke sana, sudah banyak tenda-tenda berdiri. Tempat berkemah bisa di Area Camp Curug 7 atau Camp Lembah Pakis. Kita boleh membawa tenda sendiri atau menyewanya dari pihak pengelola. Biaya sewanya bervariasi tergantung besar tenda. Untuk pengunjung yang lebih suka fasilitas modern tapi tetap dengan suasana hutan, di sini juga ada Jungle Lodge (rumah kayu) yang bisa disewa. Di dalamnya sudah tersedia kamar tidur, kamar mandi, water heater, ruang tamu dan TV+parabola.

Area Camp Curug 7 Dan Jungle Lodge Di Curug Cilember

Area Camp Curug 7 Dan Jungle Lodge Di Curug Cilember


Camp Lembah Pakis Di Curug Cilember

Camp Lembah Pakis Di Curug Cilember

Air terjun adalah daya tarik utama Curug Cilember dan menjadi tujuan utama orang yang berkunjung ke tempat ini. Biasanya cuma Curug 6 dan 7 yang ramai dikunjungi karena letaknya yang paling dekat dari pos tiket. Kira-kira 20 menit berjalan kaki.

Curug 6&7 Di Curug Cilember - Gambar 1

Curug 6&7 Di Curug Cilember – Gambar 1


Curug 6&7 Di Curug Cilember - Gambar 2

Curug 6&7 Di Curug Cilember – Gambar 2

Hasil Review

Karena tujuan dari survei ini adalah mencari tempat yang cocok untuk kegiatan retreat atau kebaktian padang sekolah minggu, berikut hasil review kami tentang lokasi wisata Curug Cilember ini.

Kelebihan Curug Cilember:
– Hawanya segar dan pemandangan alam masih hijau alami
– Harga relatif murah dan terjangkau untuk kebutuhan sekolah minggu
– Lebih cocok untuk kegiatan retreat remaja atau pemuda dengan suasana perkemahan

Kekurangan Curug Cilember:
– Lokasi terlalu luas sehingga membutuhkan pengawasan ekstra untuk menjaga anak-anak sekolah minggu yang sangat aktif
– Selain pintu gerbang utama, lokasi ini bisa dimasuki dari arah hutan. Jadi lagi-lagi butuh pengamanan ekstra karena kita tidak tahu siapa saja yang masuk, kapan masuknya dan dari arah mana.

Lihat Juga

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 2 =