Role Play Games – l’Auditeur

cover role play games - menjadi auditor cilik
Permainan Role Play Games – l’Auditeur mengajak anak-anak sekolah minggu bermain peran sebagai auditor. Sebagai auditor sekolah minggu, anak-anak akan bertugas mencatat dan memeriksa jenis dan jumlah barang yang dimiliki sekolah minggu.

Tujuan Permainan

Dalam permainan Role Play Games – l’Auditeur, anak sekolah minggu dapat belajar melalui aspek kognitif, afektif dan psikomotorik secara lengkap, yaitu:

  • Mengenal profesi auditor kepada anak-anak sekolah minggu (aspek kognitif)
  • Belajar berhitung, mengenal benda dan bentuk (aspek kognitif)
  • Mengajak anak-anak mengenal dan mencintai sekolah minggu (aspek afektif)
  • Berinteraksi sosial sesama teman dan bekerja sama dalam tim (aspek afektif)
  • Bergerak dan melakukan pengamatan (aspek psikomotorik)

Durasi

Durasi waktu permainan adalah antara 10 – 15 menit. Lama permainan bisa diatur sesuai luas ruangan yang akan diamati. Semakin luas ruangannya maka semakin lama pula waktu permainannya.

Peserta

Peserta permainan bisa siapa saja, mulai dari usia TK sampai SMP. Anak-anak dibagi kedalam kelompok-kelompok yang terdiri dari 3 – 4 orang. Persilahkan mereka memilih anggota kelompoknya sendiri.

Cara Bermain

Dalam permainan ini, Guru Sekolah Minggu berperan sebagai fasilitator. Tahap-tahap permainan yang diatur fasilitator adalah:

  • Memperkenalkan profesi auditor dan menjelaskan apa tugas-tugasnya, yaitu mencatat dan memeriksa
  • Bagikan 1 lembar kertas kepada setiap kelompok. Kemudian tugaskan setiap kelompok untuk menulis judul Auditor Sekolah Minggu di bagian atas dan nama setiap anggota kelompok di bawahnya. Sebagai contoh bisa dipakai lembar kegiatan di bawah ini
  • Setiap kelompok auditor bertugas mencatat barang-barang apa saja yang ada di sekolah minggu dan berapa jumlahnya. Bantu dengan contoh jika ada anak-anak yang bingung, misalnya lampu berapa jumlahnya, kursi berapa jumlahnya, dan seterusnya.
  • Berikan aba-aba ‘MULAI!’ untuk memulai permainan dan ‘SELESAI!’ untuk mengakhiri permainan.
  • Beri dorongan setiap kelompok untuk ikut aktif bermain. Jika ada anak yang hanya diam di tempat duduknya, ajak untuk bergerak mencari benda yang akan dihitung. Jika hanya ada satu anak yang aktif dalam kelompok, ajak anak yang lain untuk aktif berbagi tugas, yaitu bagian mencatat, bagian mencari dan bagian menghitung.

Kriteria Penilaian

Tidak ada yang menang atau kalah dalam permainan ini. Permainan akan berhasil jika semua kelompok dan semua anak ikut aktif bermain. Dari kertas yang dikumpulkan, Guru sekolah minggu bisa menganalisa kelompok anak yang akrab satu sama lain. Terutama untuk kelas besar yang cenderung untuk berkelompok.

File contoh yang lembar kegiatan:

Download “Lembar kegiatan role play games - l'auditeur” Auditor_Cilik.pdf – Downloaded 3 times – 35 kB

Lihat Juga

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 1 =