Survei Lokasi Taman Wisata Matahari Puncak Bogor

Taman Wisata Matahari di Puncak Bogor adalah tempat kedua yang kami survei untuk persiapan kebaktian padang sekolah minggu. Tempat pertama yang kami survei adalah Curug Cilember, yang menurut kami kurang cocok untuk kegiatan sekolah minggu. Untuk alasannya bisa dilihat di review kami saat survei lokasi Curug Cilember Bogor.
Peta lokasi taman wisata matahari puncak bogor

Lokasi dan Transportasi

Taman Wisata Matahari juga salah satu tempat wisata di daerah Puncak Bogor. Kalau dari Ciawi/Bogor, letaknya di sebelah kiri jalur Ciawi – Puncak, sebelum Curug Cilember. Tempat ini lebih mudah dicapai dengan kendaraan umum karena pintu gerbangnya ada di pinggir jalan raya. Tapi dari situ kita masih harus masuk +/- 150 meter untuk sampai di pintu tiket masuk.

Fasilitas dan Keamanan

Areal Taman Wisata Matahari sangat luas. Di brosurnya tertulis 40 hektar. Fasilitas yang bisa digunakan juga cukup banyak, antara lain agro sawah, taman bermain anak, kolam renang, waterpark, arung jeram, taman burung dan beberapa lapangan. Fasilitas istirahat juga ada, seperti gazebo, saung dan tempat makan.
Peta situasi dan fasilitas-fasilitas di taman wisata matahari puncak bogor

Bagi rombongan seperti kami (jumlah anak sekolah minggu ditambah guru dan orang tua maksimal 100 orang), tempat ini terlalu luas. Lebih cocok untuk keluarga atau rombongan kecil, atau sekalian rombongan yang besar seperti waktu Biblecamp Sekolah Minggu Distrik Banten tahun 2013 lalu.

Catatan khusus untuk fasilitas saung. Model bangunannya dua lantai tanpa dinding dimana lantai atas hanya dibatasi pagar pendek. Setiap lantai boleh disewa sendiri-sendiri, misalnya kita menyewa lantai bawah sedangkan lantai atas disewa orang lain. Jika kita menyewa lantai atas maka ada resiko besar terjatuh dari atas.

Waktu survei, kami bersama dengan guru salah satu SMA yang rencananya akan mengadakan kegiatan di Taman Wisata Matahari dan menyewa lantai atas salah satu saung. Beberapa pekan kemudian kami mendengar cerita dari guru tersebut bahwa saat acara mereka di sana ada anak yang terjatuh dari lantai atas saung dan menderita cedera di tulang ekornya. Bayangkan, jika ini bisa terjadi untuk anak SMA, apalagi anak-anak sekolah minggu (umumnya SD) yang terbiasa aktif bergerak dan berlari?

Daftar Harga dan Biaya Tambahan

Tiket masuk Taman Wisata Matahari adalah Rp 15.000 / orang untuk Senin-Jumat (weekday) dan Rp 20.000 untuk Sabtu-Minggu dan hari libur nasional (weekend). Tiket ini sudah termasuk gratis permainan sepeda air, pedle boat, sepeda wisata, perahu karet dan menara pandang. Anak-anak bertinggi badan kurang dari 80 cm boleh masuk gratis.

Wahana permainan yang tersedia cukup bervariasi, seperti mini jeep, perahu naga, taman burung, kereta safari, carousel dan lain-lain. Tiketnya rata-rata Rp 10.000 – 20.000 / orang. Khusus kolam renang tiketnya Rp 20.000 / orang sedangkan waterpark Rp 40.000 / orang saat weekday dan Rp 50.000 saat weekend.

Harga sewa aula, saung dan lapangan bervariasi tergantung kapasitasnya. Untuk aula mulai dari Rp 1.000.000 untuk kapasitas 80 orang hingga Rp 2.000.000 untuk kapasitas 200 orang. Untuk saung mulai dari Rp 75.000 untuk kapasitas 10 orang hingga Rp 2.000.000 untuk kapasitas 200 orang. Untuk lapangan mulai dari Rp 500.000 untuk kapasitas 100 orang hingga Rp 5.000.000 untuk kapasitas 3000 orang.

Fasilitas tambahan berupa makanan, minumam, perlengkapan hiburan, karpet, kursi dan tenda juga tersedia. Sayangnya pengelola Taman Wisata Matahari sepertinya mengikat pengunjung untuk menggunakan fasilitas-fasilitas tersebut dengan cara mengenakan biaya tambahan jika pengunjung membawa sendiri fasilitas yang serupa.

Contohnya, jika bawa makanan dari luar kena biaya Rp 2.500 / kotak. Sewa karpet atau terpal Rp 7.000/m2, tapi kalau bawa sendiri kena biaya 30% dari harga sewa. Sewa alat organ tunggal + player (tanpa sound) Rp 700.000 / 3 jam, tapi kalau bawa sendiri kena biaya 30% dari harga sewa (misalnya bawa keyboard yang memakai batere dan pemainnya kita sendiri). Masih banyak biaya lain dan kalau dihitung-hitung jumlahnya besar juga.

Kesimpulan

Sebenarnya setiap tempat wisata memiliki keunikannya sendiri-sendiri. Jadi apa yang kami anggap penting dalam survei ini belum tentu sama dengan anda. Tujuan kami adalah untuk kebaktian padang sekolah minggu dan inilah kelebihan Taman Wisata Matahari menurut hasil survei kami:

  • Mudah dicapai dengan kendaraan umum dan pribadi
  • Fasilitas yang tersedia cukup banyak dan bervariasi

Sedangkan kekurangan Taman Wisata Matahari menurut kami adalah:

  • Areal terlalu luas
  • Model bangunan saung yang berlantai dua agak berbahaya untuk rombongan anak-anak
  • Biaya sewa fasilitas outdoor agak mahal dan tidak tersedia fasilitas gratis atau setidaknya paketan misalnya saung dengan lapangan atau saung dengan kolam renang
  • Banyak biaya tambahan untuk fasilitas-fasilitas yang bisa dibawa sendiri

Referensi

  1. Brosur harga 2015 Taman Wisata Matahari
  2. Situs resmi Taman Wisata Matahari http://tamanwisatamatahari.co.id/

Lihat Juga

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × five =