Mewarnai Dengan Kertas Origami

Hasil Gambar Mewarnai Dengan Kertas Origami
Abang dan Kakak Sekolah Minggu, pernahkah mengadakan kegiatan mewarnai di kelas? Bagaimana tanggapan adik-adik sekolah minggu kita? Senangkah mereka? Kalau pengalaman saya, tanggapannya beragam. Ada yang langsung asik mewarnai, ada yang sibuk ngeliatin gambar temannya, ada yang sibuk protes-protes karena pensil warnanya gak lengkap, ada juga yang hanya mondar-mandir kesana-kemari hehehe…. Pokoknya rame deh… Tapi umumnya mereka senang dan menikmati kegiatan mewarnai.

Tapi ada kalanya adik-adik sekolah minggu bosan kalau kegiatannya terus-terusan mewarnai. Supaya tidak bosan, kita bisa membuat variasi dengan mengganti pensil warna dengan kertas origami. Sebentar, bukannya kertas origami itu untuk kegiatan melipat kertas? Iya, betul sekali abang dan kakak. Tapi kita bisa juga memakainya untuk kegiatan mewarnai gambar. Mau tahu caranya? Yuk ikuti langkah-langkah berikut ini.

Pertama-tama siapkan kertas origami warna-warni. Ukurannya terserah sesuai dengan yang ada di tempat abang dan kakak. Yang penting cukup banyak jenis warnanya. Kalau di tempat saya ada warna merah, merah muda, hijau, hijau muda, biru, biru muda, kuning dan oranye.

Berikutnya, potong-potong kertas origami memakai pembolong kertas. Hasilnya adalah potongan-potongan kertas berbentuk bulatan kecil. Kumpulkan setiap warna di tatakan masing-masing.
Tumpukan Potongan Kecil Kertas Origami

Kemudian siapkan kertas berisi gambar outline yang ingin diwarnai. Untuk anak-anak kelas kecil (pra SD sampai dengan kelas 2 SD), gambar-gambar sederhana adalah yang paling tepat. Kalau untuk anak-anak kelas 3 SD ke atas, gambarnya bisa ditambah detil-detil lain.

Persilahkan anak-anak menempelkan potongan kertas origami pada gambar yang telah disiapkan. Waktunya biasanya sekitar 1/2 jam atau silahkan diatur sendiri berapa lama.

Lihat Juga

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + 1 =